Wisata Sambil Berolahraga Penuh Adrenalin Dengan Ndayung Rafting

Ketika suntuk melakukan rutinitas setiap hari seperti bekerja, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan refreshing. Nah, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan sebagai bentuk refreshing adalah berwisata. Dengan melakukan perjalanan wisata meskipun hanya sehari penuh, otak akan refresh dan Anda pun akan menemukan kembali semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Lalu, wisata apa yang sekiranya lain daripada yang lain serta layak untuk dicoba setidaknya sekali seumur hidup? Jawabannya adalah ndayung rafting.

Ndayung rafting merupakan salah satu aktivitas wisata yang perlu dicoba, terlebih jika Anda benar-benar suntuk dan berpotensi stress atau tertekan. Dengan melakukan wisata yang menguji adrenalin ini, tubuh akan melepaskan berbagai jenis hormon yang dapat meminimalisir perasaan atau mood yang negatif. Tertarik? Berikut ulasan lebih jauh terkait aktivitas rafting berikut dengan segala halnya yang perlu diperhatikan saat ingin berwisata arum jeram.

 

Sekilas Tentang Sejarah Arum Jeram

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis wisata tantangan ini, akan lebih baik jika Anda mengetahui sedikit ulasan tentang sejarah arum jeram atau yang saat ini populer dengan istilah rafting. Olahraga sekaligus wisata ini merupakan salah satu jenis wisata yang bisa dikatakan cukup berbahaya untuk dilakukan jika tidak dipandu oleh instruktur atau rafter professional. Mengapa? Hal ini terkait dengan proses atau aktivitas yang dilakukan dimana sekelompok orang mengarungi sungai yang memiliki sekian banyak jeram dengan menggunakan perahu karet dan dayung. Saat melakukan aktivitas ini, perahu yang ditumpangi bisa saja terbalik, terperangkap diantara bebatuan sungai, dan sebagainya. Itulah mengapa wisata olahraga ini memerlukan pemandu atau rafter professional.

Tidak seperti sekarang, aktivitas wisata ndayung rafting pada awalnya tidak semenyenangkan sekarang dimana alat dan perahu yang digunakan dulunya terbuat dari material plastik, alumunium, dan fiberglass. Wisata rekreasi yang menantang ini pada mulanya dikembangkan oleh John Macgregor pada abad ke-19 dan baru muncul di Indonesia sekitar tahun 90-an. John Macgregor yang merupakan seorang pramuka saat itu membuat kendaraan air yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi sekaligus olahraga air. Kendaraan perahu yang digunakan pada olahraga ini kemudian dikembangkan agar dapat menampung lebih banyak orang maupun perbekalan. Lalu, muncullah Basket boat. Sayangnya, basket boat ini sering mudah menampung banyak air meskipun hanya melewati jeram kecil. Baru pada 1983 itulah, seorang pecinta rafting bernama Jim Cassady menciptakan perahu rafting yang dapat menciptakan Self bailer yang dibuat sedemikian rupa sehingga air dalam perahu bisa keluar dengan sendirinya.

Sementara itu, di Indonesia aktivitas ndayung rafting diawali dengan diadakannya kompetisi Arum Jeram di Sungai Citarum. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai klub pecinta alam seperti Wanadri dan Mapala UI. Pada era ini, perahu karet yang digunakan berupa canoe dan kayak. Karena banyak diminati, selanjutnya para pecinta rafting atau arum jeram mendirikan Federasi Arung Jeram Indonesia pada 29 Maret 1996. Federasi yang pada awalnya diikuti sekitar 30 klub arung jeram kini telah mewadahi banyak klub pecinta arum jeram dari seluruh Indonesia.

 

Pilihan Destinasi Wisata Malang

Salah satu alasan mengapa rafting mulai banyak disukai oleh masyarakat Indonesia kemungkinan karena wilayah Indonesia sendiri yang memiliki banyak pegunungan dan sungai-sungai yang mengalir di sekitarnya. Karakteristik inilah yang sangat cocok digunakan sebagai lokasi aktivitas ndayung rafting. Salah satu wilayah atau kota yang memiliki karakteristik sebagai lokasi menyenangkan untuk rekreasi arum jeram adalah Malang. Kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini berdekatan dengan gunung Bromo Tengger Semeru dan memiliki keindahan alam yang asri dari hutan dan sungainya.

Pada umumnya ada banyak destinasi wisata malang yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun manca. Sebut saja, kota Batu Malang yang memiliki wisata agrikultur berupa kebun apelnya. Pernahkah Anda merasakan sensasi menikmati apel segar yang dipetik dari pohonnya langsung? Jika belum, Anda patut untuk mencobanya. Belum lagi destinasi wisata lainnya seperti Omah Kayu, Sumber Sirah, Coban Rondo, dan sebagainya yang unik dan khas dengan wisata yang ditawarkannya.

Namun, menikmati suasana di tempat-tempat wisata tersebut tidak akan terasa lengkap dan sempurna jika tidak mencoba wisata olahraga seperti ndayung rafting. Bagi sebagian orang, memuaskan mata untuk melihat-lihat pemandangan ataupun memuaskan perut untuk menjajaki kuliner tidak akan pernah cukup. Setidaknya, harus ada satu aktivitas olahraga rekreasi yang challenging alias penuh tantangan untuk dicoba.

Ada beberapa lokasi wisata ndayung rafting di Malang yang bisa dituju oleh Anda dan rekan atau keluarga. Salah satunya adalah yang ada di desa tumpang malang. Rafting yang dilakukan di sungai sekitar desa ini nantinya tidak hanya akan membuat fisik tubuh bergerak, namun juga memberikan pengalaman khusus ketika menghadapi jeram-jeram sungai yang harus dilewati. Belum lagi dengan keindahan sekitar sungai yang hijau, asri, dan menyejukkan mata.

 

Perjalanan Menuju Lokasi Rafting di Tumpang Malang

Lokasi tempat berlangsungnya aktivitas ndayung rafting adalah di sepanjang aliran sungai Amprong. Sungai ini sendiri terletak tidak jauh dari wisata air terjun Coban Pelangi. Air terjun Coban Pelangi masih berada dalam satu area dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagaimana dengan iklimnya? Anda tidak perlu khawatir karena iklim di Kecamatan Poncokusumo tempat aktivitas rafting diadakan cukup sejuk bahkan dingin bagi beberapa orang yang tidak terbiasa. Maklum, tempat tersebut berada di ketinggian 2200 meter dari permukaan laut (DPL).

Tertarik untuk mencoba aktivitas ndayung rafting di sepanjang sungai yang dikelilingi kebun-kebun apel di sepanjang tepian sungai? Anda bisa meminta tour guide atau pemandu wisata untuk menjadwalkan wisata aktivitas ke tumpang malang. Bagi yang menggunakan jasa tour guide, Anda tidak perlu bingung mencari lokasi menuju desa ini karena biasanya pihak pemandu telah cukup berpengalaman mencari jalur-jalur yang bisa dilalui.

Sementara itu, bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menyalakan GPS dan menggunakannya untuk kemudahan akses ke tempat tersebut. Untuk yang berangkat dari pusat kota Malang, Anda harus melajukan kendaraan menuju kecamatan Tumpang. Memasuki kecamatan ini, Anda akan melewati pasar Tumpang dan berjumpa dengan sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambil jalur ke kiri. Selanjutnya, Anda akan menemukan perempatan yang bisa dibilang bukan perempatan sempurna alias agak bengkok. Pilih jalur lurus dan ikuti jalan hingga bertemu banyak tanjakan. Setelah menemukan petunjuk memasuki Desa Gubug Klakah, Anda hanya perlu melaju 3 km lagi untuk sampai di lokasi sungai ndayung rafting.

Apabila Anda menuju kota Malang menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Abdurrahman Saleh di kota Malang, perjalanan menuju lokasi ndayung rafting tidak akan lama yaitu hanya sekitar 45 menit. Sementara itu, jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Malang, waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 90 menit. Meskipun nantinya melewati tanjakan dan turunan, perjalanan menuju lokasi rafting tidak akan menemui banyak hambatan karena jalanan telah beraspal halus. Selain itu, perjalanan juga tidak akan terasa membosankan karena Anda bisa menyaksikan keindahan kota dan pedesaan Malang yang sejuk dengan pepohonan maupun perkebunan holtikultura-nya.

 

Menikmati Aktivitas Rafting di Poncokusumo Malang

Sudah bukan merupakan hal yang baru jika saat ini banyak sungai yang dijadikan sebagai lokasi wisata ndayung rafting. Seiring dengan semakin terkenalnya aktivitas wisata adrenalin ini, beberapa lokasi sungai digunakan sebagai tempat penyelenggaraan aktivitas arum jeram. Jika Anda berpikir atau beranggapan bahwa arum jeram di sungai Amprong Malang sama seperti arum jeram di sungai yang terdapat di kota lain, maka anggapan tersebut salah. Mengapa? Penjelasan berikut jawabannya.

Walaupun ada banyak sungai yang dibuka sebagai lokasi rafting, aktivitas arum jeram di masing-masing tempat sebenarnya belum tentu sama satu dengan lainnya. Medan yang berbeda tentu juga akan memberikan pengalaman aktivitas arum jeram yang berbeda pula. Demikian halnya dengan rafting di poncokusumo malang ini. Sungai bebatuan yang agak dangkal namun memiliki air bersih dan arus cukup deras ini memiliki jalur rafting hingga 7 km panjangnya. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan melakukan rafting selama sekitar 3 jam. Dengan karakteristik tersebut, Anda bisa puas menjajal pengalaman ndayung rafting yang menegangkan sekaligus menyenangkan.

Satu hal lagi yang akan membuat aktivitas ndayung rafting di Sungai Amprong terasa lain daripada yang lain adalah karena adanya 20 jeram di sepanjang sungai. Saat melalui jeram-jeram tersebut, Anda bisa merasakan bagaimana menegangkannya untuk bisa melewati jeram. Dua jeram andalan dari sungai ini, yaitu jeram Welcome dan Double Jeram Loading juga akan menguji hormon adrenalin Anda saat berusaha melewatinya. Selain jeram andalan tersebut, ada banyak jeram lain yang bisa dilalui oleh para pemula seperti jeram Tampar, Jeram Love, Jeram Punuk, Jeram Batu Tumpuk, dan sebagainya.

Bagi yang belum pernah mencoba, ada pilihan aktivitas ndayung rafting yang aman untuk diikuti pada pemula. Mereka yang masih pemula nantinya dapat mengikuti aktivitas rafting dengan tingkat kesulitan jelajah sungai yang lebih mudah dibandingkan aktivitas untuk para professional rafter. Selain itu, tidak perlu khawatir pula karena jeram-jeram di sungai Amprong memiliki ketinggian maksimal 4-5 meter. Dengan dampingan rafter professional di paling belakang perahu karet, para pemula akan aman dan tidak perlu takut menghadapi medan sungai.

Untuk para penyuka ndayung rafting, mereka bisa menantikan spot favorit ketika melakukan aktivitas rafting di sungai Amprong, Malang Tumpang. Spot tersebut merupakan spot Jumping point. Di spot ini, para pengarung dapat melompat dari ketinggian 3-4 meter ke dalam sungai. Bagi yang benar-benar ingin mencoba tantangan ini, Anda hanya bisa menjajalnya ketika rafting di Sungai Amprong Malang. Karena itu, jika Anda berwisata ke kota Malang, jangan hanya menjajaki kebun apel atau wahana bermainnya saja. Cobalah untuk mengetes adrenalin Anda dengan paket wisata arum jeram di sepanjang Sungai Amprong.

Jika tertarik mencoba aktivitas arum jeram di sungai Amprong selama kurang lebih dua jam dengan jarak tempuh sekitar 5 km, Anda perlu mempersiapkan anggaran sekitar 200 ribu rupiah per paket. Paket Ndayung rafting selama 2 jam 5 km tersebut minimal harus diikuti oleh 4 orang. Jika ingin lebih puas, Anda bisa memilih paket rafting selama 3 jam 7 km yang dihargai sekitar 250 ribu rupiah. Nantinya, para wisatawan rafting akan mendapatkan fasilitas perlengkapan standar untuk rafter berikut dengan Guide & Rescue Team. Para peserta rafting juga bisa mendapatkan fasilitas lainnya seperti transportasi lokal menuju dan dari sungai menuju rest area, asuransi, welcome drink, serta snack & drink in Rest.

Sebenarnya, ketika mengunjungi kecamatan Poncokusumo yang merupakan tempat wisata rafting, para wisatawan tidak hanya bisa memilih paket wisata arung jeram. Ada beberapa pilihan paket lain yang bisa dipilih seperti paket rafting dan jelajah Bromo selama 2 hari 1 malam, paket paintball, paket outbond, paket tubing, dan paket rafting customize yang menyesuaikan permintaan pelanggan dengan syarat peserta minimal 20 orang. Seperti paket rafting, paket-paket yang disebutkan sebelumnya juga memiliki beberapa ketentuan dan layanan khusus. Sebagai contoh, paket paintball atau permainan perang bisa dipesan apabila peserta yang ikut lebih dari 20 orang. Paket tersebut nantinya akan memberikan layanan khusus seperti durasi main 3 jam, BP 40, masker, pakaian khusus, senjata semi otomatis, dan akomodasi makan berupa snack, drink, dan makan pokok.

 

Beberapa Penginapan di Tumpang Malang

Setelah selama beberapa jam berkutat dengan air dan jeram, sudah merupakan hal yang lazim jika pakaian menjadi basah terkena air. Oleh karena itu, usai dari rafting di sungai, Anda bisa membersihkan diri di toilet atau kamar mandi yang ada di rest area atau resort peristirahatan. Apabila ingin bermalam, ada beberapa tempat penginapan di tumpang malang yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Tempat-tempat yang bisa digunakan sebagai tempat menginap tersebut bisa berupa homestay, hotel, resort, dan sebagainya.

Adapula camping ground area yang bisa digunakan sebagai tempat bermalam dan beristirahat usai dari ndayung rafting yang cukup menguras tenaga. Tidak perlu khawatir pula jika Anda memilih tenda sebagai tempat beristirahat karena masing-masing tenda dilengkapi dengan perlengkapan selayaknya. Sekitar lokasi homestay maupun camping griund biasanya terdapat pendopo dan outbond area yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai untuk para wisatawan dewasa maupun anak-anak. Untuk yang yang muslim, tidak perlu khawatir ketika akan menjalankan ibadah sholat karena homestay di sini juga dilengkapi dengan mushola atau masjid.

Menjajal wisata, sudah. Menikmati suasana menginap di homestay atau camping ground, sudah pula Anda lakukan. Sebelum kembali, Anda bisa mencari souvenir atau oleh-oleh untuk diberikan pada tetangga, teman, atau rekan kerja di kantor. Untuk membeli oleh-oleh khas Malang, tidak cukup sulit menemukan pusat oleh-oleh di kota tersebut karena ada banyak toko oleh-oleh yang bisa dikunjungi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa aktivitas wisata seperti ndayung rafting merupakan wisata pemicu adrenalin yang akan sangat berkesan untuk dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Walaupun merupakan rekreasi yang menegangkan, namun para peserta rafting akan tetap aman karena dalam perahu karet selalu ada rafter professional yang memandu. Untuk mencoba rafting yang berbeda di kawasan sejuk, Anda bisa memilih kota Malang sebagai destinasi rafting. Kota apel ini akan memberikan perjalanan wisata yang berbeda bagi Anda bersama orang-orang terdekat. Tertarik? Anda bisa mempersiapkan segala halnya mulai dari sekarang. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *