Serunya Wisata Rafting Malang

Bagi Anda yang menyukai tempat-tempat wisata yang memicu adrenalin selain terjun payung atau mendaki gunung, maka rafting malang bisa menjadi pilihan terbaik. Menikmati keindahan pantai atau naik ke puncak gunung mungkin menjadi hal yang biasa untuk para traveller, tapi kenapa Anda tidak mencoba untuk mengubah liburan dengan menikmati derasnya air sungai yang tak kalah menantang adrenalinnya? Banyak pecinta arum jeram merasakan bahwa wisata menantang ini mampu menghilangkan rasa penat, stress bahkan patah hati. Karena disini, Anda bisa mengeluarkan suara sekencang mungkin tanpa perlu khawatir ada yang mendengarkan. Positifnya, Anda tidak akan lagi merasa stress setelah berwisata karena unek-unek yang sudah dikeluarkan.

Tak hanya itu, wisata rafting juga dapat membantu Anda untuk membangun momen kebahagiaan dan keakraban dengan teman, keluarga atau pasangan. Karena di tempat wisata ini, Anda akan belajar untuk saling menyeimbangkan perahu yang dinaiki satu sama lain. Selain itu, para traveller juga menjadi lebih peka terhadap orang-orang di sekitarnya karena mereka harus saling menjaga agar tidak terjatuh saat rating di mulai.

 

Habiskan Liburan Bersama Keluarga dengan Wisata Arum Jeram Malang

Malang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Salah satunya adalah arum jeram. Tempat wisata arum jeram malang  bahkan sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di objek wisata ini.

Meskipun demikian, Anda yang datang ke Jawa Timur untuk rafting malang tetap harus berhati-hati, terutama ketika membawa anak-anak. Karena biasanya arena rafting yang deras tidak diperbolehkan untuk anak-anak. Anak-anak bisa diajak arum jeram pada lokasi rafting yang arus airnya tidak deras, aman dan didampingi oleh orang tua.

 

Rafting Menegangkan di Kota Batu Malang

Malang, terutama Kota Batu terkenal dengan wisata rafting. Saking banyaknya obyek wisata di Kota Batu, banyak yang menyebut kota ini sebagai kota pariwisata yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak? Anda bisa melihat keindahan alam Malang dari Kota Batu ini. Jadi tidak mengherankan jika banyak para wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang datang ke Kota Batu hanya untuk menikmati keindahan alamnya. Ada banyak sekali lokasi rafting malang batu yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu liburan.

Kota Batu dikenal dengan wisata rafting malang. Menikmati serunya rafting di Kota Batu tentu menjadi hal yang sangat mendebarkan dan menyenangkan. Untuk bisa mencoba wisata ini, Anda pastinya harus memiliki nyali dan keberanian yang tinggi agar bisa menaklukkan derasnya arus aliran Sungai Brantas. Tak hanya aliran sungainya saja, Anda juga harus berani saat perahu yang dinaiki menghantam bebatuan berukuran besar sepanjang aliran sungai.

Dengan mengikuti rafting malang di sungai Brantas Kota Batu Malang ini, Anda akan merasakan denyut jantung yang semakin erpacu. Bukan hanya karena benturan perahu dengan bebatuan sungai, melainkan sensasi terjun mengikuti derasnya arus sungai yang sangat menantang. Kadang Anda akan diajak untuk meliuk mengikuti aliran sungai, kadang Anda juga akan diajak bergoyang saat bertemu dengan bebatuan besar.

Rafting malang di Kota Batu yang paling terkenal adalah Kaliwatu Rafting. Konsep yang diusung tempat wisata ini adalah pemberdayaan masyarakat. Letaknya yang berada di tengah perkotaan tentu membuat lokasi rafting ini tidak begitu sulit dijangkau oleh para wisatawan. Jika posisi Anda ada di alun-alun Kota Batu, maka jarak yang harus ditempuh hanya berkisar 2 KM. Sedangkan dari arah jalan Desa Pandanrejo, Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 500 meter. Agar bisa ke tempat wisata ini, Anda diharuskan untuk berjalan kaki selama beberapa menit dengan melewati pematang sawah.

 

Fasilitas Rafting yang Disediakan

Paket rafting malang biasanya ditawarkan dengan harga yang bervariasi, tergantung dari lokasi Anda berwisata arum jeram dan fasilitas yang disediakan. Ada objek wisata yang menawarkan harga Rp 100 ribuan dan adapula yang menawarkan harga sekitar Rp 1 jutaan. Harga paket juga bisa berbeda, antara hari biasa dengan hari libur. Karena pada hari libur, biasanya jumlah wisatawan yang ingin mencoba arum jeram ini membludak.  Misalnya saja untuk paket arum jeram di Kaliwatu yang dibanderol dengan harga kisaran Rp 180 ribuan per orang.

Harga paket rafting malang di Kaliwatu tersebut sudah termasuk dengan berbagai fasilitas. Beberapa diantaranya adalah Welcome drink, Briefing sebelum pengarungan, Pengarungan 7 Km, Peralatan rafting meliputi Helm, Dayung dan Pelampung, Rafting Guide (1 perahu 1 orang), Snack dan minuman hangat pada rest area pengarungan, Shuttle finish kembali ke basecamp, dan Makan siang khas pedesaan. Tak hanya itu, harga paket tersebut juga sudah termasuk dengan asuransi.

Harga paket rafting malang Kaliwatu ini berlaku untuk jumlah rombongan minimal 4 orang. Jika jumlah peserta yang akan ikut rafting 20 orang atau lebih, biasanya akan ada potongan harga sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Harga paket rafting untuk satu orang biasanya lebih mahal dibandingkan dengan harga paket rombongan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membawa banyak rombongan seperti sahabat, keluarga atau saudara terdekat.

 

Lokasi Rafting Keren di Malang

Bagi Anda yang tertarik, mungkin masih bingung dimana tepatnya lokasi rafting malang yang memang sangat bagus dan wajib dikunjungi. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait dengan lokasi arum jeram terbaik di Malang yang bisa Anda coa.

 

  1. Kasembon Rafting

Lokasi rafting malang yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Kasembon Rafting. Objek wisata ini mulai dibuka sebagai tempat wisata arum jeram oleh Sujud Pribadi selaku Bupati Malang pada tanggal 9 Desember 2006. Tempat wisata ini begitu menarik karena selain bisa menikmati derasnya aliran sungai, anda juga akan diajak melihat indahnya perbukitan dan pegunungan yang alami dan asri. Persawahan di sisi-sisinya juga akan membuat Anda merasa lebih sejuk dan tenteram. Di Kasembon ini, tersedia 8 jeram. Dimana beberapa diantaranya memiliki ketinggian sampai dengan 4 meter yang tentu saja dapat membuat adrenalin semakin terpacu dan menantang para wisatawan.

Menariknya, rafting malang ini tidak dipengaruhi oleh musim. Jadi baik musim hujan maupun kemarau, Anda tetap bisa melakukan rafting di Kasembon. Hal ini dikarenakan arus air sungainya yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa disesuaikan untuk para rafter, baik yang masih pemula maupun sudah profesional.

Harga yang harus Anda keluarkan untuk menikmati serunya rafting malang Kasembon berkisar antara Rp 165 ribuan sampai dengan Rp 225 ribuan per orangnya. Fasilitas yang disediakan dengan harga tersebut diantaranya adalah snack, makan siang prasmanan, pemandu rafting, softdrink, dan asuransi. Selain arum jeram, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti flying fox, outbond training, berkemah, airsoftgunt dan paintball, sepeda gunung, corporate gathering, offroad dan trail. Obyek wisata ini bisa Anda temukan di Desa Bayem, Kasembon, Malang.

 

  1. Ndayung Rafting

Tempat rafting di malang rekomended selanjutnya adalah Ndayung Rafting. Hal menarik dari tempat wisata ini adalah jalur berarung jeramnya yang sangat eksotis. Dimana Anda akan diajak untuk melewati Desa Mbesuki dan Desa Gubugklakah yang secara administratif masih ada di dalam Kecamatan Poncokusumo. Desa ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat luar biasa.

Bagaimana tidak? Selama rafting Anda akan disuguhi indahnya pemandangan alam dari kanan dan juga kiri sungai yang nantinya akan melewati lereng bagian utara Gunung Semeru.

Rafting malang di Ndayung Rafting ini, Anda juga bisa melihat panorama air terjun yang sangat memukau di tengah pengarungan. Tebing tinggi,  perbukitan, kebun apel dan sayur serta hutan juga akan menjadi background yang akan Anda lihat selama mengikuti alur rafting.

Harga paket per orang untuk rafting malang ini berkisar antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 715.000. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah kamar ganti, tenda, outbound area, camping ground area dan lain sebagainya. Lokasi Ndayung Rafting ini ada di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang.

 

  1. Kaliwatu Rafting

Rafting malang lainnya yang patut Anda coba adalah Kaliwatu Rafting. Obyek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang sudah gemar berpetualang air. Tak hanya untuk profesional, Kaliwatu Rafting juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang baru pertama kali mencoba rafting. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan kegiatan rafting untuk anak-anak, keluarga dan rombongan lainnya. Harga paket yang harus dibayarkan per orangnya berkisar antara Rp 110.000 sampai dengan Rp 160.000. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah instruktur/skipper, area rafting grade 2, snack, welcome drink, peralatan arung jeram, Donut Boat, asuransi dan makan siang. Di sini, Anda juga bisa mendatangi obyek wisata petik Jambu. Lokasi Kaliwatu Rafting ada di Jl. Raya Pandanrejo No 1, Kota Batu, Malang.

 

  1. Rafting Sungai Amprong

Rafting malang yang bisa Anda coba selanjutnya adalah rafting di Sungai Amprong. Sungai di Malang ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, sejuk dan juga asri. Sehingga Anda yang datang ke tempat wisata ini tidak akan merasa menyesal. Selain menantang derasnya aliran sungai Amprong, Anda juga akan disuguhkan panorama alam yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya.

Selain rafting malang, Anda juga bisa mencoba kegiatan lain di sungai ini. Salah satunya adalah river tubing. Lantas, apa perbedaan antara river tubing dengan rafting? Jika rafting menggunakan perahu karet atau donut boat, maka river tubing menggunakan ban (tub) untuk dijadikan sebagai alat transportasinya. Selain river tubing, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah camping ground, kuda wisata, motor trail dan flying fox. Harga paket rafting yang ditawarkan per orang berkisar antara Rp 45 ribu sampai dengan Rp 100 ribu. Harga tersebut tergantung dari banyaknya rombongan yang dibawa serta fasilitas yang digunakan. Fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini diantaranya adalah ban karet, peralatan rafting, pelampung (life vest), helm, dan sepatu. Lokasi rafting sungai Samprong ini ada di Dusun Besuki, Wringinanom, Poncokusumo, Kabupaten Malang.

  1. Sahabat Air Rafting

Rafting malang lain yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu libur adalah Sahabat Air Rafting. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang berbeda dengan tempat rafting lainnya. Pasalnya obyek wisata ini menawarkan keindahan alam sungai yang unik dan menawan. Karakter aliran sungai atau jeram juga berbeda. Dimana arus sungainya jauh lebih lebar dan deras dibandingkan dengan tempat rafting lain di Malang. Dengan begitu, Anda tentunya akan merasakan sensasi mendebarkan yang lebih memacu adrenalin. Selain kegiatan arum jeram, di tempat wisata ini Anda juga bisa mencoba paket edukasi alam terbaik untuk anak-anak.

Harga paket per orang untuk mencoba serunya rafting di Sahabat Air ini berkisar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1,1 juta. Harga yang ditawarkan tergantung dari kegiatan dan fasilitas yang diberikan. Fasilitas yang tersedia beberapa diantaranya adalah rescue team, peralatan rafting, makan siang, snack, toilet dan transportasi lokal. Lokasinya berada di Jl. Mojosantri, Mojorejo, Junrejo, Kota Batu, Malang.

 

Tips Wisata Arung Jeram

Selain mengetahui tempat-tempat mana saja di Malang yang menyediakan wisata rafting, Anda juga harus memahami tips-tips apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan memacu adrenalin ini. Apalagi jika Anda masih pemula yang baru pertama kali berwisata arum jeram.

Tips pertama adalah Anda tentukan tingkat jeram atau grade sungai. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya tidak memilih jeram dengan tingkat yang sulit dan dalam. Pasalnya hal ini akan membahayakan diri Anda sendiri. Ukur pengalaman dan juga kemampuan Anda sendiri. Apabila Anda masih pemula, maka memilih sungai dengan grade atau tingkat yang rendah hingga medium adalah pilihan terbaik.

Tips selanjutnya adalah carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang sungai yang akan Anda pilih untuk rafting. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan referensi tersebut adalah dengan menghubungi langsung operator di sungai yang Anda pilih. Tanyakan tentang jadwal terbaik untuk pengarungan sungai, karakteristik sungai dan juga tingkat atau grade sungai.

Tips rafting malang yang ketiga adalah perhatikan cuaca. Memang, ada beberapa sungai yang tidak dipengaruhi oleh cuaca. Tapi, ada pula sungai yang karakteristiknya tergantung dari cuaca. Ada sungai yang saat musim penghujan tingkatnya bisa meningkat sampai dengan grade 5. Ada juga sungai yang saat kemarau, tingkat jeramnya menjadi rendah. Oleh karena itu, tentukan kapan cuaca yang tepat untuk Anda melakukan pengarungan.
Tips rafting malang yang keempat adalah Anda tidak boleh terlalu takut. Tapi Anda juga tidak boleh merasa paling bisa dan berpengalaman. Rasa takut yang berlebihan bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal. Contohnya saat pemandu atau guide memberi instruksi untuk mendayung, tapi karena saking takutnya Anda justru tidak mendayung dan malah memegang tali perahu. Hal ini tentu saja akan membuat daya dorong perahu semakin berkurang dan bisa menyebabkan perahu tersangkut di bebatuan atau terbalik. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengikuti instruksi dari pemandu. Jangan pula menjadi sok berpengalaman karena bisa jadi Anda malah menginstruksikan kepada peserta lain yang salah dan berlawanan dengan instruksi pemandu. Akibatnya, tentu sangat fatal. Tips terakhir, ikuti semua perintah dari pemandu dan siapkan mental serta fisik Anda sebelum melakukan arung jeram.

Demikian informasi terkait dengan wisata arung jeram di Malang. Semoga ulasan ini menambah referensi Anda yang ingin berwisata olahraga air di Malang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *