Info Seputar Arung Jeram Malang untuk Suasana Liburan yang Berkesan

Ada beragam jenis pilihan wisata yang bisa dipilih oleh mereka yang tengah jenuh dengan rutinitas kerja. Salah satunya adalah dengan menikmati momen wisata petualangan yang menegangkan seperti rafting. Jenis wisata petualangan ini kini tengah populer di kalangan masyarakat perkotaan. Karena itu, tidak heran jika ada banyak sungai yang dibuka sebagai lokasi rafting. Jika Anda adalah salah satu orang yang mulai menggemari rafting, ada satu kota yang bisa dituju. Kota tersebut adalah Malang. Berikut info selengkapnya terkait arung jeram malang.

Rafting atau arung jeram malang merupakan salah satu lokasi baru yang bisa dikunjungi oleh Anda para pecinta olahraga menegangkan penuh tantangan ini. Walaupun penuh tantangan dan beberapa orang menganggapnya sebagai wisata olahraga berbahaya, namun bagi mereka yang menyukai pengalaman menghadapi tantangan merasakan kepuasan tersendiri saat mampu melewati tantangan tersebut.

Apa Saja Hal-Hal Seputar Arum Jeram yang Harus Diketahui?

Ketika berdiskusi mengenai rafting atau arum jeram, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui. Mengapa? Beberapa hal penting berikut sedikit banyak akan membantu Anda untuk lebih memahami wisata olahraga ini. Pertama, dalam olahraga rafting, ada beberapa kategori level sulit yang cocok dilalui oleh rafter pemula maupun profesional. Karena itu, siapapun yang belum pernah mencoba olahraga ini sekalipun bisa mencoba, dengan syarat memenuhi persyaratan lain seperti fisik dan usia. Kategori sulit setiap sungai biasanya dibagi ke dalam beberapa level, mulai dari level I hingga V atau diatasnya.

Seperti level sulit pada umumnya, karakteristik sungai arung jeram malang juga sama. Untuk para pemula, pemandu biasanya memilihkan lokasi sungai dengan level sulit 1-3. Sedangkan untuk mereka yang telah professional dan ahli, level tersulit pun tidak masalah jika ingin dilalui asalkan anggota yang ingin melalui merasa nyaman. Baik level profesional maupun pemula, masing-masing akan didampingi oleh rafter professional yang senantiasa memberikan panduan dan aba-aba selama menelusuri sungai. Inilah poin lain seputar rafting yang harus Anda ketahui.

Poin lainnya dalam rafting pada umumnya adalah keindahan alam di sekitar lokasi. Sebagai contoh, lokasi arung jeram malang seperti sungai Amprong yang terletak di sekitar dataran tinggi Malang memiliki suasana yang berbeda dibandingkan lokasi lainnya. Kota malang yang hijau dan asri dengan aneka perkebunannya membuat suasana rafting terasa lebih berkesan karena menyatu dengan alam. Tidak hanya itu, karakteristik sungai yang berbatu dengan aliran air yang deras namun bersih juga memberikan kepuasan tersendiri bagi peserta rafting.

Bagi negara yang memiliki 4 musim, lama periode yang bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas rafting biasanya selama beberapa bulan. Terkait hal ini, arung jeram malang juga memiliki waktu-waktu terbaik untuk dipilih oleh para peserta. Pada umumnya, para professional yang memandu aktivitas rafting akan menyarankan bahwa olahraga ini akan lebih baik untuk tidak dilakukan saat musim penghujan khususnya ketika iklim sedang buruk-buruknya seperti hujan badai, dan sebagainya. Mengapa? Anda tentu sudah bisa membayangkan betapa berbahayanya melakukan rafting saat kondisi sungai sangat licin, berarus deras karena guyuran hujan, dan sebagainya. Jika tetap dilakukan, resiko kecelakaan sudah tentu tidak dapat terhindarkan.

 

Berbagai Lokasi Arum Jeram di Malang

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba aktivitas arum jeram di malang, ada beberapa lokasi yang bisa dipilih. Pertama adalah rafting yang mengambil lokasi awal di desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Di jalur rafting ini, Anda bisa menjumpai berbagai jeram mulai dari yang mudah hingga sulit sekalipun. Namun, tidak perlu khawatir karena pemandu sekaligus rafter profesional hanya akan merekomendasikan jalur berjeram yang cocok dengan kondisi Anda dan anggota lain. Selain dapat menikmati pemandangan bukit dan tebing di sekitar sungai, Anda juga bisa melihat berbagai jenis perkebunan penduduk lokal yang ditanami dengan apel, sayuran, dan berbagai jenis tanaman lainnya. Dengan mengikuti rafting di sekitar lereng utara Gunung Semeru ini, Anda juga akan mendapatkan fasilitas lain seperti kamar ganti, tenda, pendopo, dan sebagainya.

Lokasi arung jeram malang lainnya yang juga bisa dicoba adalah yang menggunakan sisi lain Sungai Amprong sebagai titik awalan. Rafting yang dimulai dari desa Wringinanom ini menawarkan aktivitas rafting mulai dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Nantinya, Anda akan mendapatkan fasilitas seperti perahu karet, helm, pelampung, sepatu, dan peralatan yang dibutuhkan untuk rafting. Di lokasi yang sama, Anda masih bisa menikmati aktivitas lain seperti river tubing, flying fox, dan sebagainya jika masih belum puas.

Anda ingin mengikuti rafting yang bebas dari pengaruh musim? Ada satu lokasi arung jeram malang yang bisa dituju, yaitu di Desa Bayem, Kasembon, Malang. Di tempat ini, para rafter bisa mencoba untuk melalui 8 jeram yang beberapa diantaranya memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Rafting yang beroperasi fullday ini menawarkan berbagai fasilitas seperti asuransi, pemandu professional, snack & softdrink, serta makan dengan konsep prasmanan dan menu ala pedesaan.

Apabila Anda rafting sambil membawa keluarga dan anak-anak, arung jeram malang yang berlokasi di dekat Jalan Raya Pandanrejo, Batu, Malang adalah solusinya. Di lokasi ini, ada pilihan rafting keluarga, pendidikan, dan sebagainya yang cocok untuk hampir semua kalangan. Rafting yang beroperasi mulai dari jam 9 pagi hingga 1 siang ini tidak hanya menawarkan fasilitas rafting saja, namun juga kegiatan lain seperti wisata memetik jambu yang tentunya akan menyenangkan dilakukan bersama anggota keluarga maupun anak-anak.

Lokasi terakhir arung jeram malang yang cocok dikunjungi oleh para pecinta wisata adventure adalah rafting yang terletak di Desa Mojorejo, Batu, Malang. Tempat rafting yang memiliki medan lebih luas dan arus air yang lebih deras ini cocok dipilih oleh pecinta rafting yang telah berpengalaman. Walau begitu, ada pula paket rafting yang khusus untuk anak-anak dan aman dicoba.

 

Fasilitas yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menentukan Lokasi Arum Jeram Malang

Seperti ketika memilih lokasi rafting di kota lain, saat memutuskan untuk mencoba arum jeram malang khususnya di salah satu pilihan lokasi yang ada, Anda harus menilik kembali fasilitas apa saja yang tersedia di lokasi tersebut. Mengapa? Setiap wisatawan memiliki kondisi tertentu yang mengharuskannya untuk memeriksa kembali lokasi tujuan wisata. Sebagai contoh, untuk muslim, akan lebih baik jika lokasi rafting yang dipilih memiliki fasilitas masjid atau mushola sehingga mereka tidak perlu bingung ketika akan menjalankan ibadah sholat. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa fasilitas yang harus Anda cek terlebih dahulu sebelum merencanakan kunjungan ke lokasi rafting tersebut.

Pertama, adalah kelengkapan peralatan di lokasi arung jeram malang tersebut. Walaupun wisata olahraga ini kini banyak dibuka dan banyak pula peminatnya, beberapa masih ada yang menyediakan fasilitas rafting yang kurang memadai seperti helm yang agak rusak, pelampung yang tidak sempurna, dan sebagainya. Jadi, akan lebih baik jika sebelum memesan di lokasi rafting tertentu, Anda memeriksa keterangan terkait perahu karet, dayung, pelampung, helm, dan sebagainya terlebih dahulu.

Poin yang kedua adalah rafter profesional yang menjadi guide sekaligus rescuer bagi setiap peserta rafting. Untuk lebih pasti, Anda bisa melihat review kepuasan pelanggan terkait layanan dari rafter profesional tersebut. Layanan pihak pemandu yang memuaskan pasti akan mendapatkan review positif dari wisatawan yang pernah mencoba rafting di tempat arung jeram malang tersebut.

Poin selanjutnya adalah fasilitas kamar ganti representative dan kamar mandi atau toilet untuk membersihkan diri. Beberapa reviewer terhadap suatu lokasi arung jeram malang menyayangkan bahwa layanan toilet atau kamar ganti untuk perempuan kurang memadai. Karena itu, bagi Anda yang membawa anak-anak maupun anggota keluarga perempuan, sebaiknya ditanyakan pada pihak front office tempat rafting tersebut terkait layanan khusus tersebut. Jika tidak mendapatkan jawaban yang meyakinkan, Anda bisa mengecek review pengunjung atau beralih ke lokasi lain yang lebih baik.

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan peserta arung jeram malang yaitu layanan opsional seperti tempat ibadah, tempat istirahat, snack & drink, dan sebagainya. Bagi yang beragama muslim, mereka memerlukan tempat ibadah seperti mushola dan masjid untuk sholat sebelum atau sesudah melakukan rafting. Sementara itu, bagi yang membawa anak-anak atau memiliki kebiasaan tertentu, fasilitas seperti makan, snack, dan minuman adalah sebuah keuntungan tersendiri.

 

Anggaran Biaya untuk Mengikuti Arung Jeram di Malang

Sebagian besar lokasi arung jeram di malang memiliki tarif harga yang belum tentu sama baik untuk per orangnya maupun untuk pemesanan skala besar yang diikuti oleh berapa puluh peserta. Sebagai contoh, untuk lokasi rafting yang ringan dan tidak banyak tantangan, dengan uang sekitar 50 ribu rupiah pun Anda bisa menikmati aktivitas rafting. Namun, mereka yang memilih biaya sedikit nantinya mendapatkan fasilitas yang tidak sebagus dengan mereka yang membayar di atas 200 ribu rupiah.

Tarif arung jeram malang sendiri cukup bervariasi mulai dari 100 ribu rupiah hingga di atas 700 ribu rupiah. Perbedaan tarif tersebut bisa dipengaruhi oleh fasilitas yang ditawarkan, medan sungai, lama rafting, hingga faktor lainnya. Jadi, apabila Anda merupakan backpacker yang segala aspek traveling-nya menekankan penghematan budget, paket rafting dengan skala harga menengah ke bawah akan lebih menguntungkan untuk dipilih.

Sementara itu, apabila Anda menginginkan aktivitas arung jeram malang yang berkesan dengan fasilitas yang ditawarkan, Anda bisa memilih jenis rafting dengan harga mulai dari 300-700 ribu rupiah. Tarif yang tinggi biasanya tidak hanya memberikan fasilitas rafting yang nyaman, namun juga berbagai kegiatan lain yang tidak kalah seru seperti tubing, camping ground, dan sebagainya. Anda juga akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap seperti jaminan asuransi, welcome drink, snack & drink, serta makan-makanan dengan menu yang mengenyangkan.

 

Tips Penting Saat Mengikuti Arung Jeram

Pada umumnya, aktivitas arung jeram bisa diikuti oleh peserta dengan batasan usia tertentu seperti 7-65 tahun. Selain itu, peserta juga harus memiliki kondisi tubuh yang fit dan sehat. Nantinya, dalam perahu karet diharuskan setidaknya terdapat 4 orang peserta dengan satu pemandu yang duduk di bagian paling belakang dari perahu. Terkait waktu dan lintasannya, setiap lokasi memiliki waktu dan jarak yang berbeda-beda tergantung dari paket rafting mana yang dipilih. Sebagai contoh, untuk rafting pemula, jarak yang biasanya ditempuh adalah sekitar 3-5 km. Untuk jarak tersebut, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Bagi yang telah professional, mereka bisa memilih paket rafting dengan jarak hingga 12 km sekalipun.

Terlepas dari karakteristik rafting yang berbeda-beda antar satu sungai dengan sungai lainnya, ada beberapa tips yang bisa diikuti ketika Anda mengikuti rafting seperti arung jeram malang. Tips yang pertama berkaitan dengan kondisi tubuh dan pakaian yang dipilih untuk mengikuti rafting. Syarat fisik untuk mengikuti rafting adalah sehat. Walaupun Anda tidak dapat berenang, asalkan memiliki tubuh yang yang sehat hal tersebut tidak menjadi masalah. Selain itu, dari segi pakaian, sebaiknya Anda memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan. Misalnya, menggunakan celana dan pakaian berbahan katun. Akan lebih aman pula jika Anda mengenakan sandal gunung dibandingkan sandal jepit biasa atau bahkan sandal selop.

Tips mengikuti arung jeram malang berikutnya berkaitan dengan pemakaian perlengkapan dan kelengkapan peralatan wajib seperti dayung, pelampung, dan helm. Jaket pelampung maupun helm yang dikenakan haruslah sesuai dan pas dengan ukuran tubuh maupun kepala Anda. Selain itu, pelampung tersebut juga harus dipakai dengan benar sesuai petunjuk pemandu rafting. Untuk helmnya, pilih helm yang pas dengan ukuran kepala serta memiliki tali yang tidak menyakiti dagu saat diaplikasikan.

Pemandu rafting nantinya akan memberikan sedikit penjelasan kepada para peserta rafting yang belum pernah mencoba wisata olahraga ini. Penjelasan dimulai dari cara memegang dayung, cara mengoperasikan dayung, hingga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama mengikuti rafting. Penjelasan terkait contoh posisi duduk yang benar biasanya disampaikan sekaligus sebelum melakukan pemanasan. Namun, pemandu biasanya mengingatkan kembali saat peserta menaiki perahu karet. Posisi duduk para peserta adalah berada di tepi kiri dan kanan perahu karet. Posisi kaki juga harus menjepit bagian dasar perahu sehingga peserta tidak mudah terjengkang.

Seperti rafting di kota lainnya, arung jeram malang biasanya diawali dengan pemanasan terlebih dahulu. Pemandu akan mencontohkan beberapa jenis pemanasan selama beberapa menit. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, cedera fisik saat hanya mengayuh dayung sekalipun bisa dihindari. Anda nantinya juga tidak akan merasakan kram selama perjalanan rafting.

Ketika berada di tengah sungai yang menjadi lokasi arung jeram malang, ada kalanya tubuh harus terlempar ke sungai dan perahu terbalik akibat arus yang deras. Ketika menghadapi dua kondisi ini, yang harus dilakukan oleh peserta adalah tetap tenang. Peserta harus mengarahkan tubuh seolah berbaring di atas air. Tubuh juga perlu diposisikan sesuai dengan arus sungai. Dengan begitu, kaki akan mendeteksi terlebih dahulu jika ada batu di depan.

Sementara itu, hal-hal yang harus dilakukan ketika perahu tiba-tiba terbalik karena arus sungai yang deras ataupun karena sengaja dibalik, peserta yang terjebak di dalam perahu harus tetap tenang dan tidak boleh panik. Anda masih bisa bernafas melalui celah udara di sekitar perahu. Untuk keluar dari perahu, Anda bisa menyelam dan berusaha keluar dari dalam perahu yang terbalik. Ketika meloloskan diri dari perahu, sebaiknya Anda memperhatikan apakah ada batu di sekitar. Jika ada, jangan sampai Anda justru terantuk batu tersebut.

Demikian beberapa info terkait arung jeram malang yang bisa menjadi referensi pengetahuan untuk Anda yang sebentar lagi akan memanfaatkan momen liburan dengan wisata rafting. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *